Klappertaart

Yippie... senangnya ada yang ngasih kelapa muda, jumlahnya nggak tanggung lho, sembilan buah sekaligus. Niatnya bikin es kelapa muda aja, tapi setelah dibuka satu persatu ternyata cuma tiga aja yang bener-bener muda, yang lainnya lebih cocok diparut untuk dijadikan urap atau wingko. Akhirnya, rencana berubah jadi buat klappertaart aja, karena ada yang kepingin tahu proses pembuatannya. Kali ini tertarik coba resepnya dapur ajaib yang pernah diposting di milis NCC,


KLAPPERTART PANGGANG DARI DAPUR AJAIB
Bahan :
1 liter susu uht,  sisihkan 200 ml (aku 300 ml)
1 kg kelapa muda (aku dari 4 kelapa muda yang dikerok)
60 gr tepung custard
60 gr tepung maizena
60 gr tepung terigu
200 gr gula pasir ,sesuai selera
100 gr mentega / butter
7 butir kuning telur
50 gr kenari cincang
kayu manis bubuk sesuai selera (aku pakai 4 batang kayu manis batangan dan vanilla powder )
toping :
7 butir putih telur
4 sdm gula pasir
1 sdm air jeruk lemon / ctt ,(aku skip)
50 gr kismis atau sesuai selera direndam (aku rendam pakai nutrisari bubuk)
irisan kenari secukupnya (aku skip)

cara buat :
  1. Panaskan oven 180  atau panas sedang ovennya 
  2. Panaskan 800 ml susu dengan gula pasir dan kayu manis, pastikan gula benar2 larut dan susu sampai mendidih 
  3. Larutkan tepung maizena ,custard, vanilla powder dan tepung terigu dengan 300 ml susu aduk sampai rata 
  4. Matikan api pada susu sebentar lalu masukan larutan tepung kedalam susu panas sambil disaring, nyalakan api kembali dan aduk terus sampai mengental dan meletup letup 
  5. Matikan api lalu masukan mentega / butter ,aduk rata
  6. Masukan telur aduk rata
  7. Masukka kelapa muda, aduk rata.
  8. Tuang ke dalam loyang alufoil, lalu beri topping dari putih telur dan gula yang dikocok kaku, dan ditaburi kismis.
  9. Panggang dalam oven selama 30 menit.
  10. Dapat disajikan dalam keadaan hangat atau dingin.
  11. Untuk 25 buah loyang personal size atau 2 loyang 20cm.



Rasanya sama-sama mantap dari yang pernah aku bikin sebelumnya, tetapi yang ini teksturnya lebih padat. Tinggal selera sajalah, mau pesen yang mana?? (wkwkwkw, GR banget ya?, tapi ini serius anda bisa buat sendiri untuk merasakan sensasi klamudnya, atau tinggal pesan ke saya...)