Marmer Cake


Hai, apa kabar blog? he he... Baking bluenya lagi kumat nih, ditambah lagi hasil medical check up yang mengindikasikan sudah terlalu banyak kolesterol ditubuhku membuat acara masak-masak didapur tidak lagi menggairahkan :(, padahal dah kangen ngemil-ngemil laziiiz bareng si Genduk n Ayah, hu..hu.. Akhirnya, pas cuti kemaren aku nekat juga nyobain resep marmer cake yang katanya resep jadul turun temurun. Resepnya dapat dari Mbak Mia yang sudah diuji  sama Mbak Camelia (TFS ya Mbak-Mbak)  Aku cuma buat setengah resep, hanya untuk cemilan sore dan membatasi asupan kolesterol akibat terlalu banyak makan enak, he he ... Proses buatnya cepat cuma perlu 5 menit persiapan, 10 menit mixer, terus panggang 50 menit.


CAKE MARMER JADUL
sumber Mia I (milis NCC) modif by me
 
Bahan :
2 butir telur telur utuh
2 butir kuning telur
75 gr teringu
100 gr gula pasir
1/2 sdt SP (aku gak pake)
150 gr Blue Band, cairkan
1sdt Vanilli bubuk (pakai L'arome)
Coklat  bubuk

Caranya :
Aku pakai metode sponge cake, yang dimulai dengan mengocok gula dan telur sampai kental berjejak, kemudian ditambahkan terigu dan vanilli. Lalu, tambahkan margarin cair berlahan-lahan sambil di aduk balik. Ambil dua sendok makan adonan, tambahkan coklat bubuk aduk rata. Tuang adonan putih kedalam loyang loaf yang sudah dioles mentega dan ditaburi tepung, lalu tuang adonan coklat sambil diputar dengan garpu  untuk membuat bentuk marmer. Panggang dalam oven hingga matang (aku pakai api kecil, 50 menit).
 
Kalau soal rasa sudah okee, secara si Ayah bisa ngabisin lebih dari setengah loyang (hihi, itu artinya dia doyan, padahal seringnya makan satu potong pun disertai ceramah klo dia gak sreg). Tapi aku agak kurang sreg sama teksturnya, curiganya sih waktu memanggang kuenya membumbung tinggi, tapi pas mendekati diangkat malah kempes, kayaknya komposisi yang aku buat masih kebanyakan cairan. Dan lagi, teksturnya agak kasar tapi bukan seret dimulut lho (bingung nih, mau ngomongnya). Lain waktu, musti modif lagi kayaknya, kali ini cukup puas karena kuenya habis....   :)