Vanilla Moist Cupcake

Masih dalam rangka membuat isian goodiebag si genduk, aku beranikan diri (he he.., lebay nggak sih :) ) membuat cupcake yang jumlahnya nggak sedikit. Berbekal resep dari Cik Vin member NCC mulailah petualanganku dengan mixer di hari Sabtu siang. Rencana membuat 3 resep, tapi karena takut kurang aku putuskan untuk mengeksekusi 4 resep dengan total jumlah cupcakes yang dihasilkan sebanyak 85 buah. Karena nggak ada yang mengganggu (dan nggak ada yang bantuin juga...), aku perlu waktu sekitar 3,5 jam buat bikin basecakenya, mulai dari persiapan bahan, mixer & manggang cupcakesnya. Menurutku semua berjalan lancar karena peralatan bakingku juga cuma standar mixer philips jadul n otang yang ukurannya nggak gede-gede amat. Lumayanlah for beginner baker (menghibur diri sendiri ... :) )
Oya ini resepnya, yang diambil dari majalah Sedap edisi 9/VIII/2007.



Vanilla Moist Cupcake

Bahan:
175 gr margarin
125 gr gula pasir halus
6 kuning telur
3 putih telur
160 gr tepung terigu protein sedang
30 gr tepung maizena
60 ml susu evaporated (aku pakai susu cair)
1 sdt poppy seed (aku ga pakai)
1/4 sdt esens vanila (aku pakai 1/2 sdt pasta vanilla L'arome)

Topping:
Buttercream

Hasil 21 buah.

Cara:
1. Kocok margarin dan gula sampai lembut. Masukkan telur satu persatu bergantian dengan setengah bagian tepung terigu.
2. Larutkan tepung maizena dengan susu cair. Masukkan sisa terigu bergantian dengan campuran maizena ke dalam adonan.
3. Tambahkan pasta vanila, kocok rata.
4. Tuang ke dalam paper cup yang sudah ditata dalam loyang.
5. Panggang selama 20 menit dengan suhu 180 derajat Celcius.
6. Hias dengan buttercream.

Bikin cake ini sungguh membuatku puas, simple, cepat dan rasanya lembut dan moist, jauh berbeda dengan buttercake yang pernah aku buat sebelumnya. Dan alhamdulillah, genduk & ayahnya juga suka sama cupcake ini. Pengerjaan dekornya berlanjut esok hari, dengan tema ben10, baby princess, dan SSC, dan hasilnya....