Brownies Kukus Putih Telur


Masih dalam rangka mengeksplore resep-resep yang menggunakan putih telur, saya akhirnya tertarik pada resep Brownies Ny. Liem yang banyak beredar di internet, saya sempat sangsi apakah brownies ini akan sesuai dengan ekspektasi saya, karena saya  pernah punya pengalaman membuat cake putih telur yang hasilnya membal, dan bikin seret. Memang hari ini saya persiapkan untuk membuat cake, putih telur sisa membuat bday cake minggu lalu sudah saya thawing sejak kemarin sore, bahan-bahan lainnya juga sudah dalam keadaan siap diolah, maka dieksekusilah resep berikut (jreng..jreng.. serem amat sih kayaknya, he he..)


Brownies Kukus Putih Telur
Source: Ny. Liem (modif by me)

Bahan:
I.    300 ml  putih telur
      150 g    gula pasir
      8 g        emulsifier (aku pakai SP)
II.   110 g    terigu protein sedang (aku pakai segitiga biru)
      30 g      coklat bubuk (aku pakai bensdrof)
      ¼ sdt     baking powder
     1/8 sdt    vanilli bubuk (aku pakai l’arome)
      Semua bahan II dijadikan satu dan diayak.
III.  80 g      DCC (aku pakai Theys Noir)
      40 g       margarine
      60 ml     minyak sayur
      Semua bahan III dilelehkan.

Cara membuat:
1.  Kocok putih telur sampai setengah mengembang, tambahkan gula pasir  sedikit demi sedikit dan emulsifier, kocok kembali dengan mixer sampai dengan mengembang  (kalau pakai mixer Philips jadulku perlu sekitar  10-15 menit).
2.  Masukkan bahan II (aku aduk pakai spatula aja) sedikit demi sedikit samapai rata, kemudian bahan III, aduk rata juga.
3.  Tuang keloyang 22x22x4 yang sudah dioles mentega dan taburan terigu, kukus 20 menit sampai matang. (Coba test tusuk unt uk memastikan.)
4.  Sajikan.

Dan hasilnya:


Menggoda bukan??,  cake ini moist, lembut, nyoklat banget, gambarannya mirip seperti brownies terkenal yang dari Bandung itu. Dan aku sudah coba, walaupun didiamkan 2 hari disuhu ruang (hari selanjutnya tidak berbekas hehe), cake ini tetap ok, sama sekali tidak membal apalagi keras, dan masih tetap enak dimakan tapa bikin seret, Worth to try pokoknya nyoklat, maknyuss............